ORIENTASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS ITB (OPTIK) Tahun 2017
Tujuan
OPTIK atau Orientasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Kampus ITB adalah Kegiatan pengenalan teknologi informasi yang ada di dalam lingkungan kampus ITB. Setiap mahasiswa baru sebaiknya mengikuti kegiatan OPTIK ini sebagai pra-syarat dasar sebelum mengikuti materi kuliah TPB (Tahap Persiapan Bersama). Materi OPTIK terdiri dari pengenalan layanan teknologi informasi yang hanya dapat diakses secara terbatas menggunakan akun internet khusus di lingkungan ITB.
Setelah mengikuti kegiatan OPTIK ITB, mahasiswa diharapkan
- Memiliki kemampuan dasar untuk mengakses berbagai layanan teknologi informasi di lingkungan kampus untuk keperluan perkuliahan dan penelitian selama menjadi mahasiswa aktif di ITB.
- Memiliki akun internet ITB yang aktif,
- Memiliki akun email ITB,
- Dapat mengakses berbagai layanan teknologi informasi kampus,
- Mendapatkan software legal yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Jadwal
Pelaksanaan OPTIK 2017 akan dilaksanakan pada 8 Agustus – 18 Agustus 2017
Tempat
- Ganesha : Gedung CRCS Lantai 2, ITB Kampus Ganesa
Detail lokasi : gedung_crcs
Materi dan referensi
- Situs resmi DSTI ITB (situs resmi)
- Cara membuat Akun INA (ttg Akun INA). Dengan syarat mahasiswa sudah memiliki NIM
- Informasi mengenai AKUN INA, silahkan klik link_berikut
- Akses area hotspot ITB, silahkan klik link_berikut
- Informasi mengenai akun email ITB, silahkan klik link_berikut, dan penanggulangan email_phising
- Tatacara pengaturan Proxy, silahkan klik link berikut.
- Lisensi software legal Software_legal
Jika mahasiswa baru masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi informasi kampus ITB setelah mengikuti panduan dari materi dan referensi yang disediakan diatas, mahasiswa dapat mendaftarkan diri ke kelas pendampingan OPTIK yang dibuka 2 shift setiap harinya, yaitu pagi (09.00-11.00) dan siang (13.00-15.00) mulai tanggal 8 Agustus 2017, dengan mendatangi langsung kelas OPTIK ITB 2017 di Gd. CRCS Lantai 2
Jika status NIM anda tidak terdaftar setelah mencoba langkah-langkah diatas, silahkan mengunjungi layanan Front Office (FO) DSTI ITB
sumber : DSTI -ITB
No Comments